Saturday, February 20, 2016

Trik Perbaiki Tombol Remote Control Macet

Kali ini saya akan berbagi trik untuk memperbaiki remote control yang satu atau beberapa tombolnya macet. Trik ini saya dapat dari tempat reparasi televisi. Ceritanya saat itu TV saya rusak, source TV tidak terdeteksi jadi cuma muncul logo TV saja lalu berubah jadi layar biru. Setelah diperbaiki ternyata beberapa tombol remote controlnya juga ada yang tidak berfungsi. Saat ditekan tidak respon padahal tombol lain bisa berfungsi normal. Tapi memang remote TV saya sudah tidak orisinil lagi, sudah saya ganti dengan remote universal.

Untuk perbaikan remote control yang macet ini yang perlu dipersiapkan hanya aluminium foil dan double tape. Jika tidak punya aluminium foil yang lembaran kita bisa pakai aluminium bekas "grenjeng" bungkus rokok. Kenapa saya pakai aluminium foil karena aluminium foil bisa berfungsi sebagai konduktor / penghantar listrik dan mudah didapatkan.

Sebelum saya bagikan trik perbaikan remote control ini perlu kita ketahui mekanisme dari tombol remote control ini jadi mungkin nanti perbaikan tidak harus dengan aluminium foil tetapi mungkin bisa menggunakan bahan lain yang mempunyai fungsi sama. Tombol remote control berfungsi karena ada "sesuatu" yang menghubungkan 2 garis pada PCB yang berfungsi sebagai "tombol on off". "sesuatu" itu biasanya berupa karbon yang ditempelkan pada karet tombol remore control yang biasa kita tekan-tekan. Jika karbon ini tergores-gores bisa habis sehingga tombol tidak berfungsi. Nah, aluminium foil ini bisa difungsikan untuk menggantikan fungsi dari karbon yang hilang.

Berikut langkah-langkah perbaikannya:

  1. Periksa tombol mana yang macet. Bila ragu apakah tombolnya macet atau tidak, coba trik ini. Gunakan kamera handphone dan arahkan ke ujung atas remote lalu coba tekan tombol remote. Tombol yang masih aktif saat ditekan jika ujung sensor remote dilihat dengan kame ra handphone akan bersinar biasanya warna merah (lihat gambar). Jika tidak ada respon terlihat di kamera berarti tombolnya macet.
  2. Buka remote control, biasanya setelah ada baut yang perlu dibuka masih perlu untuk mencongkel tepian remote untuk memisahkan antara penutup bagian depan dan bagian belakang. Gunakan pisau tumpul untuk mencongkelnya.
  3. Potong aluminium foil seukuran tombol karet remote bagian dalam dan pada sebelah dalam karet remote control yang macet.
  4. Pasang kembali remote dan coba cek apakah tombol bisa berfungsi dengan kamera handphone seperti pada langkah 1.
  5. Selesai.


Demikian trik yang saya bagikan kali ini semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment