Friday, September 23, 2016

Mengatasi Samsung Galaxy Note II yang Rewel

Warning !!!
Artikel ini bukan tutorial, hanya merupakan catatan pribadi. Jika ada pertanyakan silakan tuliskan di kolom komentar.



Setelah hampir 4 tahun dipakai, beberapa hari yang lalu Samsung Galaxy Note II (SGN-7100) tiba-tiba ngadat. HP sering restart sendiri. Mulanya ada SMS masuk dari provider tentang peringatan kuota internet yang hampir habis, dan beberapa kali masuk bahkan hampir tiap 5 menit sekali ada SMS masuk. Hal ini selalu diikuti dengan HP yang langsung restart.

Seingat saya hal ini terjadi setelah saya uninstall aplikasi RAM manager. Untuk sementara mengatasinya saya freeze aplikasi Message, HangOut dan Messenger dengan Link2SD agar SMS tidak masuk. Dan berhasil juga sih HP tidak lagi restart. Tapi ni hanya solusi instant, tetap saja harus dibenerin nih HP. Akhirnya saya putuskan untuk Restore Factory Reset, tetapi ternyata tidak berhasil, Semua isi HP masih sama tidak ada yang berubah. Maka saya coba Factory reset dari mode recovery dan voila... berhasil... bootloop.

Jurus terakhir pun diturunkan : Flash Ulang. sekalian upgrade firmware karena update secara OTA dicekal samsung karena Galnote saya sudah rooted.
Firmware terbaru saya unduh dari Sammobile.com saya cari yang untuk region Indonesia (XSE).
Saya gunakan Software ODIN3 untuk flashnya dan Berhasil... beneran.

Keusilan pun muncul untuk segera me-root Galnote ini. Dan setalah googling sana sini akhirnya saya coba tutorial dari forum XDA developers. link ini lengkap deh http://forum.xda-developers.com/showthread.php?t=1896696 dan http://forum.xda-developers.com/showthread.php?t=2531965
Akan tetapi rooting belum berhasil, su.bin belum bisa terpasang, maka harus digunakan cara lain. akhirnya saya pilih aplikasi KingoRoot dan berhasil. Super user bisa terinstall. Segera saya pasang Link2SD dan Root explorer. Link2SD saya pakai untuk hapus aplikasi bawaan di sistem yang tidak berguna bagi saya.

Masalah selesai? belum....
Ternyata HP saya jadi boros batre. Jam 22.00 battre masih 24% tapi alarm yang saya pasang jam 04.00 tidak jalan, abis deh ga bisa sholat subuh berjamaah :(. Setelah saya cek aplikasi apa yang ngabisin battre ternaya si Super User bawaan KingoRoot. Solisinya? Saya pasang SuperSu dari Chainfire via Playstore. Setelah terpasang saya uninstall Super User bawaan Kingo dan KingoRoot-nya. Alhamdulillah battre jadi normal lagi.

Untuk langkah-langkah rooting akan saya tulis di artikel lain.

No comments:

Post a Comment